my picture

AAA BBB CCCCC DDDD

Advertisements

About Rambu Tuka’

WHEN blessed and happy, Torajanese held Rambu Tuka. The ceremony is interesting due to variety of attractions, dances, and songs of a unique culture of Toraja. There is no sadness, only excitement. In this ceremony there is a procession to spear buffalo.
Rambu Tuka has many types. Some traditional ceremonies which included in Rambu Tuka category are Mangrara Banua (expression of gratitude to God after Tongkonan rehabilitation), Aluk Ma’lolo (birth ceremony), and Aluk Tanaman (ritual party for success of harvest). Among its category, Mangrara Banua is largest and more popular.
Rambu Tuka ceremony held in eastern Tongkonan (Torajanese traditional wooden house) before noon. This is different way with Rambu Solo that held afternoon in western Tongkonan. As the ceremony of excitement, Rambu Tuka held when sun rise. While Rambu Solo is held when sun sink.
In series of procession, variety of dance is held. That is pa’gellu, pa’boneballa, gellu tungga’, ondo samalele, pa’dao bulan, pa’burake, memanna, maluya, pa’tirra’, and others. For art music there are pa’pompang, pa’barrung, and pa’pelle’. Dance music and art that is displayed on the Rambu Solo can not be displayed on Rambu Tuka.
In Rambu Tuka ceremony, guests who attended ma’sandong dance. They stand around and hold hands each other. The dancing like this also held in Rambu Solo ceremony called ma’badong. But the difference is, ma’badong is a dance with slow movement, while ma’sandong is a jerk dance.
Dances and songs were held during the ceremony. Replacement the elements of Tongkonan such as roof, doors, carved objects, and other traditional accessories, have been done six months earlier. With Mangrara Banua, Tongkonan will always be well taken care.
Interesting attractions in the procession is buffalo slaughter. The buffalo is unique. Should not be striped or mud buffalo such as in Rambu Solo. But the buffalo must never have sexual intercourse. Slaughter also unique, stab with spear first then followed with chickens and pigs butch.
Mangrara Banua is rare ceremony. Because of Tongkonan improved after 50 up to 60 years. The amount of ceremony depends on concerned social strata
This is in contrast to Rambu Solo. Torajan people also celebrate their happines through a festival called Rambu Tuka. It is done in events such as wedding parties, after a succesful plant harvet, after building a new Tongkonan or renovating the old one, after a mother giving birth, etc.
 Everything in Rambu Tuka is done to differ from Rambu Solo. So, it is started when the sun rises reflecting new hopes and bright futures, unike with Rambu Solo which is done at down when the sun is about to go off. The location of the parties is on the east of the Tongkonan, while Ramb Solo is on the west of it. Dancing performed with more dynamic moves, while in Rambu Solo dancing is characterised with calm and slow moves characterising sadness. The same for singing.

 Guests are often asked to get involve in dancing and singing in both Rambus. To Torajans, guests involvement is to give guests time to feel what they are feeling, sad or happy. So, if you find yourself in one of those just need to remember in what Rambu you are in. In Rambu Solo, you are expected to dance or sing calmly and solwly, while in Rambu Tuka you are expected to sing with full excitement and happiness. Not the way around.

High School Romance

Anggota Kelompok:
1.       Cindya Natasha Pakanan
2.       Dewi Datu Sarira
3.       Elisabeth Endang Marjono
4.       Elcylian
5.       Irmayani Sampe Baru
6.       Mabry Euman Sandy
7.       Marto Tinong
8.       Monica Jenifer Siandita
9.       Rensy Ishak
PROLOG…
Kata orang, masa SMA adalah masa yang paling indah
Suatu hari, bukan karena ingin hidup di masa lalu atau ingin waktu  untuk diputar kembali untuk mengulang keindahan dahulu. Tapi akan ada hari yang membuat kami menoleh ke belakang bagai memutar kembali jalinan cerita kala muda remaja, masa SMA yang indah itu…
Kita punya kisah cinta. Kita punya kisah persahabatan. Kisah yang terjalin luar biasa menghiasi masa remaja kita. Menjadi bagian kehidupan kala itu yang tak pernah mati sampai saat ini. Tertawa begitu lepas, tapi kadang menangis karena menyesakkan dada. Sekali melompat dalam girang, tapi lain kali tertunduk dalam sedih.
Waktu adalah ungkapan tentang suatu perjalanan panjang pada tiap-tiap kisahh yang dikitarinya. Dan pada saat kami tiba pada hari ini, di tempat ini, menoleh ke masa lalu dan tidak dapat mengubah kekonstanan waktu. Namun kenangan kala itu akan tetap terlihat dalam rangkaian semesta raya. Persahabatan dan cinta akan terukir dalam pahatan indah kehidupan kami.
Dan mungkin, inilah “indah” yang mereka katakan…


SKENARIO 1        : DI BUS SEKOLAH
Koes Plus – Bis Sekolah
(Berbaris sambil berjalan seperti kereta api)
Bis sekolah yang ku tunggu ku tunggu tiada yang datang
Ku telah lelah berdiri berdiri
menanti nanti
Bila ku pergi bersama kekasihku
Ku kan merasa gembira riang s’lalu
*BEL BERBUNYI*
SKENARIO 2        : DI KELAS
Ibu Guru              : Selamat pagi anak-anak!
Siswa/I                 : Selamat pagi Bu
Ibu Guru              : Baik, hari ini kita akan belajar lagu baru. Judulnya Do re mi
(Euman melempar kertas ke pada Elcylia. Siswa/I yang lain pun saling melempar kertas. Kelas menjadi ricuh yang menyebabkan kemarahan Ibu Guru)
Ibu Guru                : Hei! Ada apa ini? Jadi daritadi kalian tidak memperhatikan pelajaran saya ya? Sekarang pungut sampah kertas kalian kemudian segera ke lapangan. Kalian saya hukum berdiri di tengah lapangan sampai jam istirahat!
Siswa/I                   : Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…
(Dengan lemas menuju ke lapangan sekolah)
SKENARIO 3          : DI LAPANGAN
Marto                     : gara-gara kertas yang kalian lempar akhirnya kita semua jadi dihukum. Ini salah kalian!
Endang                   : enak saja menyalahkan kami. Euman kan Cuma main-main. Kalian tuh yang manja kayak anak mami. Baru digituin udah marah. Huuu, cemen!
Sherina – Jagoan
(Dengan gerakan
Dia pikir dia yang paling hebat merasa paling jago dan paling dahsyat
Dia memang jago
(ayam jago kukuruyukkkk petok petok petok hahaha)
Dia memang kuat
(tapi dijegal cewek jatuh hahaha)
Dia pikir dia yang paling hebat merasa paling pintar dan paling kuat
Dia memang pintar
(pintar ngibul hahahaha)
Dia memang kuat
(kuat makannya alias rakus hahahaha)
*BEL BERBUNYI*
Siswa/I                   : ke kantin yuk,  ke kantin yuk…
(berlarian ke kantin. Masing-masing gank di sisi kantin yang berbeda saling berbisik-bisik)
SKENARIO 4          : DI KANTIN SEKOLAH
Tasha                      : Teman-teman, aku ke perpustakaan dulu ya. Mau cari materi tugas kimia yang kemarin
Dewi                        : sini aku temenin
Tasha                      : ehh, gak usah. Aku bisa sendiri kok. Cuma sebentaaaar aja (langsung pergi ke belakang panggung)
Rensy                      : hei, aku pergi bentar ya. Ada urusan
Elcylia                      : urusan apa? Aku ikut dong
Rensy                      : Jangannnnn. Aku mau ke toilet. Mau ikut? Wek!
Elcylia                      : yaudah sana, cepat! (langsung pergi ke taman sekolah. Di lanjutkan lagu)
SKENARIO 5          : DI TAMAN SEKOLAH
Chrisye – Kisah Kasih di Sekolah
Rensy: (gelisah menunggu)
Resah dan gelisah menunggu di sini
Di sudut sekolah tempat yang kau janjikan
Ingin jumpa denganku walau mencuri waktu
Berdusta pada guru
Tasha: (tiba-tiba datang)
Sungguh aneh tapi nyata
Takkan terlupa
Kisah kasih di sekolah dengan si dia
Tasha & Rensy: (bergandengan tangan)
Tiada masa paling indah
Masa-masa di sekolah
Tiada kisah paling indah
Kisah kasih di sekolah
(Tasha dan Rensy kemudian duduk sambil mengobrol bersama)
Irma                         : Rensy di mana ya? Ke WC kok lama banget sih. Cari yuk!
Dewi                        : Tasha kok gak balik balik sih? Tadi katanya Cuma sebentar aja. Kita cari yuk. Udah hampir bel nih
(Intro lagu kepompong: gerakan mencari-cari)
Sindentosca – Kepompong
Dulu kita sahabat berteman bagai ulat berharap jadi kupu-kupu
Kini kita melangkah berjauh-jauhan
Kau jauhi diriku karna sesuatu
Mungkin ku terlalu bertindak kejauhan
Namun itu karna ku sayang
Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Nananananananananaaanaaaanaaa
 Marto & Dewi     : (dari sisi yang berbeda dan sambil menunjuk Rensy dan Tasha) Eh, itu mereka!!!
(yang lain melihat ke arah Rensy dan Tasha dengan tatapan kaget)
Irmayani                : (sambil memegang pundak Rensy) Rensy dia kan musuh kita. Kamu gak boleh jadi akrab begini sama dia!
(Rensy kaget lalu berdiri)
Euman                    : (sambil memegang pundak Tasha) Tasha, pokoknya kamu gak boleh akrab sama dia. Gank mereka itu mush terbesar kita
(Tasha kaget lalu berdiri)
Tasha                      : Tapi… tapi…
Dewi                        : (sambil menutup mulut Tasha) Gak ada tapi tapi. Pokoknya enggak boleh
Rensy                      : Kita kan Cuma…
Elcylia                      : huss! Sekali gak boleh tetep gak boleh!
(Rensy dan Tasha berpegangan. Teman-temannya menarik Rensy dan Tasha supaya mau berpisah. Ibu guru yang tidak sengaja lewat melihat pertengkaran hebat di antara mereka kemudian datang untuk menegur.)
Ibu Guru              : (semua murid tertegun lalu melepaskan tarikan-tarikan mereka saat Ibu Guru mulai berbicara) Aduh! Kalian lagi, kalian lagi. Kapan kalian selesai bertengkar? Ada apa sebenarnya?
Rensy                    : Ini Bu, teman-teman saya melarang saya akrab sama Tasha
Elcylia                    : (dengan kesal) Soalnya temannya Tasha tadi melempari saya kertas, Bu
Euman                  : Saya kan Cuma bercanda, Bu
Ibu Guru              : Sudah sudah! Kalian ini sudah  SMA. Bertindaklah selayaknya anak SMA yang dewasa. Sahabat seharusnya saling mendukung. Bukan justru membuat gank-gank brutal seperti ini. Seharusnya, dengan adanya cinta, persahabatan akan semakin menyenangkan. Penuhilah persahabatan kalian dengan cinta. Mengerti?
Siswa/I                 : mengerti, Bu
Ibu guru               : (Intro lagu Sherina – Persahabatan) Ya sudah, sekarang kalian salaing salam-salaman, bermaaf-maafan. Saya tidak mau lagi melihat kalian bertengkar seperti tadi.
Sherina – Persahabatan
Jenifer:
Setiap manusia di dunia pasti punya kesalahan
Tapi hanya yang pemberani yang mau mengakui
Setiap manusia di dunia pasti pernah sakit hati
Hanya yang berjiwa ksatria yang mau memaafkan
Epilog diiringi denga gitar:
Sahabat dan cinta kembali menjadi teman baik. Persahabatan kembali kepada pribadi yang menyenangkan dan cinta pun kembali tersenyum ceria. Semua orang melihat kembali kedua teman baik itu sebagai berkat dan anugrah dalam kehidupan
(semua pemain mengambil posisi lagu menyanyi bersama disertai gerakan)
Semua:
Betapa bahagianya punya banyak teman betapa senangnya
Betapa bahagianya dapat saling menyayangi

Mensyukuri karuniaNya

Belajar Bahasa Korea

Ne (ye): Yes

Anio: no
Saranghaeyo, han jae-ssi : I love you
Gamsahamnida: terimakasih
Cheonmaneyo: sama-sama
Yoboseyo: hello
Massita: delicious!
Eoseo oseyo: welcome!
Annyeonghasimnikka – annyeong haseyo: good morning, afternoon, evening
Ne, annyeonghaseyo: yes, good morning, afternoon, evening
Cheo eum boepsemnida – mannaseo bangapseumnida – mannaseo bangaweoyo: how are you?
Geongangharijo?: anda sehat-sehat bukan?
Jal jinaemida: saya baik-baik saja
Oraemaniyeyo: long time no see
Seonghami eotteoke doesimnikka?: what’s your name?
Ja ireumenun Celor  Siandita imnida: my name is Celor Siandita
Joneun Celor rago hamnida: I’m called Celor
Bhanggaseumnida: nice to meet you
Eodioseo osyeosseumnikka?: where do you come from?
Indonesia wasseumnida: I come from Indonesia
Eotteon ireul hasimnikka?: what’s your job?
Naiga myeotsarimnikka?: how old are you?
Annyeonghi jumuseyo – jalja – Joheun kkum kweo: selamat tidur
Annyeonghi kaseyo: selamat jalan
Annyeonghi kyeseyo: selamat tinggal
Ddo bwepkessemnida – ddo mannayo: see you!
Danyeo ogessemnida – katda ulgeyo: ungkapan ketika berpamitan
Danyeo oseyo – jal katda wasseyo: ungkapan untuk orang yang dipamiti
Danyeo wasemnida: ungkapan ketika sampai di rumah
Masitge deuseyo: selamat menikmati (ketika makan)
Jal meokgessseumnida: terimakasih – saya akan makan dengan nikmat
Jalmeogeossseumnida: terimakasih (seseudah makan)
Siksa haseyo: silahkan makan (ketika sedang makan kemudian ada orang yang datang)
Manhi deuseyo: makanlah dengan banyak
Saengil chukha hamnida: happy birthday!
Gyeolhon chukha deuriyeoyo: selamat menikah!
Dansik chukje il chukha hamnida: selamat hari lebarann!
saehaebok manhi badeuseyo: happy new year!
jumal jal jinaeseyo – joheun jumal bonaeseyo: selamat akhir pekan!
Joesonghamnida – mianhamnida – mianhae: sorry
Gwaenchanseumnida – gwaenchana: it’s okay, it’s alright
mwol dowa deurilkkayo: apa yang bisa saya bantu? (di toko)
manhi paseyo: terima kasih – menjuallah yang banyak
sugo haseyo: terima kasih – selamat bekerja dengan baik
Kata ganti orang secara umum
a. Saya – ( ) – Jo neun
b. Aku – ( ) – Na neun
c. Anda – ( ) – Tangsin eun
d. Kamu – ( ) – No neun
e. Dia (lk) – ( ) – Keu neun
f. Dia (pr) – ( ) – Keu nyo neun
g. Beliau – ( ) – Keu bun eun
h. Orang itu – ( ) – keu saram eun
i. Meraka – ( ) – Keu ne deul ( r ) eun
– ( ) – Ye ne deul ( r ) eun
j. Kalian – ( ) – Ni deul ( r ) eun
k. Kami / kita – ( ) – Uri neun
Kata ganti orang dalam keluarga dan diluar keluarga :
– Didalam keluarga
a. Ayah / bapak – / / – Aboji / Abonim / Appa
b. Bunda / Ibu – / / – Omoni / Omonim / Omma
c. Kakek – – Haraboji
d. Nenek – – Harmoni
e. Paman – f. – Samchon
g. Bibi – – Imo
h. Anak – – A I
i. Anak ( lk ) – – Adeul
j. Anak ( pr ) – – Ttal
k. Bayi – – Agi
l. Kakak ( lk ) – – Hyong ( sebutan untuk Lk-lk )
m. Kakak ( lk ) – – Oppa ( Sebutan untuk Pr – Lk )
n. Kakak ( pr ) – – Nuna ( Sebutan untuk Lk – Pr )
o. Kakak ( pr ) – – Onni ( Sebutan untuk Pr – Pr )
p. Adik ( lk ) – – Nam Tongseng
q. Adik ( pr ) – – Yo Tongseng
r. Keponakan – – Cokha
s. Sepupu – t. – Sachon
u. Orang tua – – Pumo
v. Cucu – – Sonja
w. Suami istri – – Pubu
x. Suami – – Namphyon
y. Istri – – Ane

– Kata Ganti orang di luar keluarga

Bapak – / – Ajosi / Abonim
Ibu – / – Ajuma / Ajumoni
Kakak (lk) / Mas – – Hyong nim ( Panggilan Lk-Lk )
Kakak (Pr) / Mba – – Nu nim ( Panggilan Lk-Pr)
Kakak (lk)/ Mas – – Oppa ( panggilan pr-lk )
Kakak (pr) / Mba – – Oni ( Panggilan Pr-Pr)
Tuan – …… – …… ssi
Nona – …… / – …… yang / ssi
Nyonya – …… -……. Miseu
Anak Muda (lk) – – Conggak
Anak Perawan – – Agassi
Anda / Saudara – – Jane
Kekasih / Pacar – – Ein
Teman – – Chinggu
o. Perempuan – – Yoja ( Pr )
p. Laki-laki – – Namja ( Lk )

3. Kata Ganti Orang berdasarkan jabatan :
Guru – – Sonsengnim
Murid – – Hakseng
Profesor – – Kyosu nim
Instruktur – – Kyosa nim
Tenaga ahli – – Kisulca
Ahli – – Kisanim
Sopir – – Unjon kisa
Direktur – – Sajangnim
Wakil Direktur – – Busajangnim
General manager – – kwajangnim
Kepala mandor – – bujang nim
Kepala karyawan – – panjang nim
Kepala pengadaan – – chajang nim
Kepal operasional – – kongjangjang nim
Staff kantor – – Deri nim
Sekretaris – – Kyong r(n)i
Karyawan – – Hwe sa won

Shillye Hamnida: excuse me
Haseyo: silahkan
Baegopheuda:  Saya Lapar

Andhweyo:  Jangan/Tidak Bisa

Hajhima:  Jangan!

(Jhuseyo) = Minta

(Bhillyo Juseyo) = Pinjam

(Arayo) = Tau

(Aratsoyo) = Mengerti/Paham

(Aigho) = Aduh!/Ya Ampun!

(Wiheomhae) = Bahaya!/Awas!

(Jhosimhae) = Hati-hati!

(Jhohta/Jhoha) = Bagus!/Saya Suka!

(Gheuraeyo) = Begitu?

Jheongmal = Sungguh?/Benar?

Gheojhitmal:  Bohong!

Ghayeopseora:  Kasihan!

Doumhae/wonjhohae:  Tolonglah!/Bantulah!

Oneul Jeulgheoweoseoyo) = Hari ini sangat menyenangkan

Cara Menulis CV Agar Bisa Dipanggil untuk Wawancara Kerja

 
Jakarta – Agar dipanggil wawancara kerja, Anda harus menyiapkan curriculum vitae (CV) yang membuat pewawancara tertarik untuk membaca dan melihat Anda lebih jauh lagi. Sayangnya, banyak yang masih menganggap remeh surat lamaran kerja tapi berharap ‘rezeki’ datang kepada mereka. CV adalah langkah awal dan paling penting untuk mendapatkan pekerjaan, oleh karena itu Anda harus memerhatikanny dengan seksama. Berikut ini beberapa tips penting dalam penulisan CV.

1. Informasi yang Benar
Menurut Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi segala informasi nyata yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. “Jangan kita paksakan misalnya harusnya umur sudah tidak sesuai dengan batas minimal perusahaan yang dituju tapi malah memaksakan,” ujarnya saat dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil Anda di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.

“Yang pasti kita membuat tulisan CV itu singkat padat tapi bisa menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching,” tutur wanita lulusan Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Mudah Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan mudah dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa terlebih dulu resume Anda dan jangan sampai ada yang salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.

5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Misalnya Anda pernah mengikuti training jurnalistik jika ingin melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Bisa juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

“Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi atau tulis saja. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu hanya sebagai informasi tambahan. Dengan begitu bisa dinilai kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan,” papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti tentang Anda. Hanya profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi, memiliki segudang pengalaman yang harus dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Jelas
Jika mengirim surat lamaran lewat email, pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas (misalnya: ‘CV marketing’ atau ‘calon reporter’). File attachment juga harus jelas, seperti ‘lampiran portfolio’ atau ‘contoh tulisan’.(hst/kik)

 
sumber: wolipop.detik.com